11:39 PM | Posted in

Lionking City. Candi Budha Kalibukbuk terletak di Desa Kalibukbuk. Jika dari Singaraja, lokasi ini berada sekitar 10 km ke arah barat, dekat dengan obyek wisata Lovina. Penemuan situs Budha Kalibukbuk ini pertama kali dilaporkan oleh pemilik Hotel Angsoka di Lovina pada tahun 1991 yaitu pada saat penggalian tanah untuk pembuatan kolam yang secara tidak disengaja menemukan beberapa fragmen stupika yang sebagian telah dihancurkan oleh pekerjanya karena ketidaktahuan tentang artefak itu.

Artefak yang tersisa dan berhasil diselamatkan berjumlah 80 buah tupika, 18 buah materai dan 3 buah relief. Temuan tersebut kini disimpan di Balai Arkeologi Denpasar. Pada tahun 2004, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Pejeng melakukan penggalian penyelamatan bekerjasama dengan Universitas Udayana dan Universitas Gadjah Mada.

Penggalian itu membuka 20 kotak dengan hasil mengupas ketiga struktur candi serta temuan lainnya berupa harmika, kemunak, chattra, yasthi, keramik, gerabah, ladam kuda, arang, tulang serta kerang. andi Budha Kalibukbuk di Buleleng tersebut, pada hari Minggu (24/5/2009) telah diresmikan menjadi tempat kunjungan wisata sejarah dan purbakala baru di Pulau Dewata, Bali.
Category:
��

Comments

0 responses to "Candi Budha di Singaraja"